akuntansi

akuntansi

Rabu, 23 April 2014

Hakikat Sistem Pengendalian Manajemen



Hakikat Sistem Pengendalian Manajemen
1.     Konsep Dasar
a. Sistem
Sistem adalah suatu kegiatan yang telah ditentukan caranya dan biasanya dilakukan berulang-ulang.
b. Pengendalian
pengendalian adalah proses penetapan standar, dengan menerima umpan balik berupa kinerja sesungguhnya, dan mengambil tindakan yang diperlukan jika kinerja sesungguhnya berbeda secara signifikan dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.
c.  Manajemen
Manajemen adalah seni mencapai tujuan melalui tangan orang lain.
2.     Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen
Sistem pengendalian manajemen adalah sebuah sistem yang terdiri dari beberapa sub sistem yang saling berkaitan, yaitu: pemrograman, penganggaran, akuntansi, pelaporan, dan pertanggungjawaban untuk membantu manajemen mempengaruhi orang lain dalam sebuah perusahaan, agar mau mencapai tujuan perusahaan melalui strategi tertentu secara efektif dan efisien.
3.     Tujuan Perancangan Sistem Pengendalian Manejemen
a.       Diperolehnya keterandalan dan integritas informasi
b.      Kepatuhan pada kebijakan, rencana, prosedur, peraturan dan ketentuan yang berlaku.
c.       Melindungi aset organisasi
d.      Pencapaian kegiatan yang ekonomis dan efisien

4.     Empat elemen Sistem Pengendalian
1.      Detektor, yaitu alat untuk mengidentifikasi apa yang sedang terjadi dalam suatu proses
2.      Assesor, yaitu alat untuk menentukan ketepatan
3.      Efektor, yaitu alat yang digunakan untuk mengubah sesuatu yang diperoleh dari assesor.
4.      Jaringan komunikasi, yaitu alat untuk mengirim informasi antara detektor dan assesor

5.     Batas-Batas Pengendalian Manejemen
a.       Pengendalian  Manajemen
Beberapa aspek dari proses ini dijelaskan sebagai berikut :
1)      Kegiatan pengendalian manajemen
Pengendalian manajemen terdiri atas bermacam kegiatan, di antaranya:
  Merencanakan apa yang seharusnya dilakukan oleh organisasi
  Mengkoordinasikan kegiatan dari beberapa bagian organisasi
  Mengkomunikasikan informasi

  Mengevaluasi informasi
  Memutuskan tindakan apa yang seharusnya diambil jika perlu
  Mempengaruhi orang-orang untuk mengubah perilaku mereka
2)      Keselarasan Tujuan (Goal Congruence)
3)      Perangkat Penerapan Strategi
4)      Tekanan Finansial dan Nonfinansial
5)      Bantuan dalam Pengembangan Strategi Baru
b.      Perumusan Strategi
c.       Pengendalian Tugas
d.      Dampak Internet terhadap Pengendalian Manajemen
Internet menyediakan banyak manfaat utama yang tidak didapat dari telepon, yaitu:
1) Akses secara mudah dan cepat
2) Komunikasi multi-target
3) Komunikasi berbiaya rendah
4) Kemampuan menampilkan citra tertentu
5) Pergeseran kekuatan dan kendali kepada individu

6.     Keterbatasan Sistem Pengendalian Manajemen
Beberapa keterbatasan yang dapat diidentifikasikan antara lain:
a.  Kurang matangnya suatu pertimbangan
b.  Kegagalan menterjemahkan perintah
c.  Pengabaian manajemen
d.  Adanya Kolusi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar