akuntansi

akuntansi

Rabu, 23 April 2014

PERENCANAAN STRATEGIS SPM



PerencanaanStrategi
Pengertian Perencanaan Strategis
Perencanaan Strategis adalah proses memutuskan program-program yang akan diambil organisasi dan perkiraan jumlah sumber daya yang dialokasikan untuk masing-masing program selama beberapa tahun ke depan.
Perbedaan Formulasi Strategi & Perencanaan Statejik
Formulasi Strategi adalah proses menentukan strategi-strategi baru, sementara perencanaan stratejik adalah proses menentukan cara melaksanakan strategi tersebut. Dalam proses formulasi strategi, pihak manajemen menentukan tujuan organisasi dan menciptakan strategi-strategi utama untuk mencapai tujuan tersebut.
Manfaat Perencanaan Stratejik
·         Kerangka kerja untuk mengembangkan anggaran
·         Alat pengembangan manajemen
·         Mekanisme yang memaksa manajemen berpikir jangka panjang
·         Alat untuk menyatukan para manajer dengan strategi korporasi
Keterbatasan Perencanaan Stratejik
·         Perencanaan hanya akan menjadi “isi formulir,” pelaksanaan birokrasi, tidak ada pemikiran strategis
·         Sebuah organisasi bisa saja membuat departemen perencanaan strategis yang besar, namun mendelegasikan persiapan rencana strategis pada staf departemennya
·         Perencanaan strategis itu boros waktu dan biaya
·         Teknik Analisis Program yang Sedang Berjalan
ANALISIS RANTAI NILAI
Rantai nilai bagi setiap perusahaan merupakan seperangkat aktivitas terkait yang menciptakan nilai dari tiap bagiannya, mulai dari memperoleh bahan mentah dasar untuk komponen pemasok sampai menghasilkan produk siap pakai dan mengantar pada konsumen akhir.


Konsep Rantai Nilaimenggarisbawahi tiga bagian, yaitu sbb:
1.Keterkaitan dengan pemasok
Hubungan dengan pemasok harus dijaga sehingga baik perusahaanmaupun pemasoknya memperoleh manfaat.
2.Keterkaitan dengan pelanggan
Perusahaan dan pelanggan sama-sama menikmati keuntungan hubungan ini.
3.Proses terkait dalam rantai nilai perusahaan.
Secara eksplisit menunjukkan fakta bahwa aktivitas yang meningkatkan nilai produksi perusahaan memiliki sifat yang saling tergantung.

ACTIVITY-BASED COSTING
Meningkatnya komputerisasi dan otomatisasi dalam pabrik menimbulkan perubahan penting dalam sistem untuk mengumpulkan dan memanfaatkan informasi mengenai biaya.
Pada sistem terbaru ini, kata aktivitas sering digunakan pada pusat biaya, dan pembangkit biayadigunakan dalam dasar alokasi; dan sistem biaya ini sering disebut activity-based costing(ABC)
Konsep ABC tidak sepenuhnya jelas atau tanpaa intuisi. Nyatanya, konsep tersebut sangat sejalan dengan akal sehat.
Penggunaan informasi ABC
Digunakan sebagai proses perencanaan strategis, dapat memberikan pandangan yang berguna.

GAYA MANAJEMEN PUNCAK
Perencanaan stratejik proses manajemen, merupakan jalan yang menuntun suatu perusahaan, sangat tergantung pada gaya dari pemimpin perusahaannya. Beberapa pimpinan memilih mengambil keputusan tanpa mengambil manfaat dari rapat formal karyawan. Sistem tersebut tidak efektif kecuali para pimpinannya benar-benar menggunakannya.
Menganalisis Usulan Program Baru
Usulansuatuprogram:
-reaktif
-proaktif
Sebuah sistem harus siap untuk langkah-langkah seperti
·         Pengujian teknis dilaboratorium,
·         Menguji masalah dalam produksi,
·         Karakteristik biaya dalam pabrikasi dan melalui

Tidak ada komentar:

Posting Komentar